Elon Musk: Neuralink Berhasil Tanam Chip di Otak Manusia

Mokapog – Perusahaan neuroteknologi milik miliarder Elon Musk, Neuralink, berhasil menanam chip di otak manusia untuk pertama kalinya. Operasi ini dilakukan pada seorang pria berusia 23 tahun yang menderita kondisi yang disebut paraplegia, yaitu kelumpuhan dari pinggang ke bawah.

Chip Neuralink, yang disebut Neuralink BCI, berukuran sekitar seperempat ukuran koin. Chip ini ditanam di bagian otak yang disebut motor cortex, yang bertanggung jawab untuk mengontrol gerakan. Chip tersebut dilengkapi dengan 1024 elektroda yang dapat mendeteksi aktivitas otak dan mengirimkan sinyal ke perangkat lain.

Dalam operasi yang dilakukan pada 17 Juli 2023, tim dokter Neuralink menggunakan robot untuk menanam chip tersebut di otak pasien. Operasi berlangsung selama sekitar 26 menit dan tidak menimbulkan komplikasi.

Setelah operasi, pasien tersebut mulai belajar untuk mengontrol komputer menggunakan pikirannya. Dalam beberapa hari, pasien tersebut berhasil menggerakkan kursor komputer dan mengetik kata-kata.

“Ini adalah pencapaian yang sangat signifikan,” kata Elon Musk dalam sebuah pernyataan. “Ini adalah awal dari era baru dalam teknologi otak.”

Neuralink berencana untuk melakukan uji coba klinis lebih lanjut pada pasien dengan kondisi lain, seperti penyakit Parkinson, Alzheimer, dan epilepsi. Perusahaan tersebut juga berencana untuk mengembangkan chip Neuralink teknologi yang lebih kecil dan lebih canggih di masa depan.

Kegunaan Chip Neuralink

Chip Neuralink memiliki potensi untuk digunakan untuk berbagai macam aplikasi, termasuk:

  • Rehabilitasi: Chip Neuralink dapat digunakan untuk membantu orang yang mengalami cedera otak atau sumsum tulang belakang untuk memulihkan fungsi motorik.
  • Pengobatan: Chip Neuralink dapat digunakan untuk mengobati penyakit otak, seperti penyakit Parkinson dan Alzheimer.
  • Ekspansi kemampuan manusia: Chip Neuralink dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan manusia, seperti memori, konsentrasi, dan kreativitas.

Tentu saja, masih banyak penelitian yang harus dilakukan untuk memastikan keamanan dan keefektifan chip Neuralink. Namun, teknologi ini memiliki potensi untuk mengubah cara kita hidup dan berinteraksi dengan dunia di sekitar kita.