Google Buat Fitur Pencarian Berbasis Gambar

Mokapog – Google baru-baru ini meluncurkan fitur pencarian berbasis gambar baru untuk ponsel Android premium. Fitur ini disebut “Circle to Search” dan memungkinkan pengguna untuk mencari informasi tentang objek di gambar hanya dengan melingkarinya.

Untuk menggunakan Circle to Search, pengguna cukup menahan tombol beranda atau bilah navigasi di ponsel Android mereka. Setelah itu, mereka dapat melingkari objek yang ingin mereka cari. Google akan kemudian menampilkan hasil pencarian yang relevan dari seluruh web.

Fitur pencarian ini dapat digunakan untuk berbagai keperluan, seperti:

  • Mencari informasi tentang produk atau layanan
  • Menentukan nama tumbuhan atau hewan
  • Menemukan lokasi geografis
  • Mencari resep atau ide memasak
  • Mencari informasi tentang peristiwa terkini

Circle to Search akan tersedia mulai 31 Januari 2024 di ponsel Android premium tertentu, seperti Pixel 8, Pixel 8 Pro, dan seri Samsung Galaxy S24.

Google mengatakan bahwa fitur teknologi ini merupakan cara yang lebih intuitif dan alami untuk mencari informasi. Dengan Circle to Search, pengguna tidak perlu lagi mengetik teks atau memasukkan kata kunci. Cukup dengan melingkari objek yang ingin mereka cari, dan Google akan melakukan sisanya.

Fitur ini merupakan bagian dari upaya Google untuk meningkatkan pengalaman pencarian pengguna. Google juga telah meluncurkan beberapa fitur pencarian baru lainnya dalam beberapa bulan terakhir, seperti:

  • Multisearch, yang memungkinkan pengguna untuk mencari dengan teks dan gambar pada saat bersamaan
  • Layanan Google Lens, yang memungkinkan pengguna untuk menerjemahkan teks, mengidentifikasi objek, dan menemukan informasi lainnya dari gambar

Google terus berinovasi untuk membuat pencarian lebih mudah dan bermanfaat bagi pengguna. Circle to Search adalah langkah terbaru dalam upaya tersebut.