Saham PMMP Kaesang Melompat Usai Debat Cawapres Gibran

Mokapog – Saham PT Panca Mitra Multiperdana Tbk. (PMMP), perusahaan yang terafiliasi dengan Kaesang Pangarep, mengalami kenaikan signifikan usai debat cawapres yang melibatkan Gibran Rakabuming, putra sulung Presiden Joko Widodo.

Pada penutupan perdagangan Jumat (22/12/2023), saham PMMP naik 2,36% atau 6 poin dari Rp254 menjadi Rp260 per unit. Total transaksi mencapai Rp285 juta.

Kenaikan saham PMMP tersebut dipicu oleh sentimen positif terhadap Gibran, yang dinilai tampil cukup baik dalam debat cawapres. Gibran berhasil memberikan jawaban-jawaban yang lugas dan bernas, serta mampu merepresentasikan sosok muda yang berprestasi.

Selain itu, kenaikan saham PMMP Kaesang juga didorong oleh prospek bisnis perusahaan yang cukup cerah. PMMP bergerak di bidang pengolahan makanan dan minuman, serta perdagangan ekspor-impor. Perusahaan ini memiliki beberapa merek produk yang cukup populer, seperti Teh Pucuk Harum, Kopi Kapal Api, dan Indofood.

Peningkatan kinerja PMMP juga tercermin dari laporan keuangan perusahaan yang dirilis pada Oktober 2023. Pada kuartal III-2023, PMMP membukukan laba bersih sebesar Rp132,2 miliar, naik 20,4% dari periode yang sama tahun sebelumnya.

Kenaikan saham PMMP tersebut tentu menguntungkan Kaesang, yang memiliki 6,97% saham perusahaan tersebut. Berdasarkan data RTI, total dana yang dikeluarkan Kaesang untuk pembelian saham PMMP tersebut adalah sekitar sebesar Rp92,2 miliar.

Dengan kenaikan harga saham PMMP, nilai investasi Kaesang di perusahaan tersebut kini menjadi sekitar Rp101,5 miliar. Hal ini menunjukkan bahwa investasi Kaesang di PMMP cukup menguntungkan.

Namun, perlu diingat bahwa pergerakan saham PMMP juga dipengaruhi oleh faktor-faktor bisnis lain, seperti kondisi perekonomian dan kinerja perusahaan. Oleh karena itu, kenaikan saham PMMP saat ini belum tentu dapat bertahan dalam jangka panjang.